Al Imam Taqiyuddin Ahmad bin Ali Al Maqrizy (wafat 845H) rahimahullah, salah seorang ulama Syafi’iyyah, beliau berkata:
ولا ريب أن توحيد الربوبية لم ينكره المشركون، بل أقرّوا بأنه سبحانه وحده خالقهم، وخالق السموات والأرض، والقائم بمصالح العالم كله، وإنما أنكروا توحيد الإلهيّة والمحبّة
“Tidak diragukan lagi bahwa tauhid rububiyah itu tidak diingkari oleh kaum musyrikin. Bahkan mereka menetapkan bahwa Allah Subhanahu semata yang menciptakan mereka, menciptakan langit dan bumi, dan mengurusi semua maslahat alam semesta. Yang mereka ingkari adalah tauhid ilahiyah dan mahabbah“
Beliau juga mengatakan:
الذي من عدل به غيره فقد أشرك في ألوهيّته ولو وحّد ربوبيّته، فتوحيد الربوبيّة هو الذي اجتمعت فيه الخلائق مؤمنها وكافرها، وتوحيد الإلهيّة مفرق الطرق بين المؤمنين والمشركين، ولهذا كانت كلمة الإسلام: لا إله إلاّ الله، ولو قال: لا ربّ إلاّ الله أجزاه عند المحققين، فتوحيد الألوهيّة هو المطلوب من العباد
“Orang-orang yang menyimpang dalam hal ini maka mereka telah berbuat syirik dalam uluhiyyah walaupun mereka mentauhidkan Allah dalam rububiyyah. Maka tauhid rububiyah itu disepakati oleh semua makhluk, baik mukmin maupun kafir. Sehingga tauhid ilahiyah lah yang membedakan kaum mu’minin dan musyrikin. Oleh karena itu kalimat syahadat “Laa ilaaha illallah” andaikan dibaca “Laa rabba illallah” dianggap sah oleh sebagian ulama muhaqqiqin. Maka tauhid uluhiyah lah yang dituntut dari para hamba”.
(Tajrid At Tauhid Al Mufid, 1/7-8).
Perkataan beliau ini sesuai dengan akidah yang benar yang ditetapkan para ulama Ahlussunnah. Namun mungkin jika beliau hidup di zaman ini, akan diberi predikat “wahabi” karena membedakan tauhid rububiyyah dan tauhid uluhiyyah.
Allahul musta’an wa ilaihi at tuklan.






Leave a comment