Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah menjelaskan:
مسألة حكم الاحتفال بعيد ميلاد الأطفال:
فائدة: كل شيء يتخذ عيداً يتكرر كل أسبوع، أو كل عام، وليس مشروعاً، فهو من البدع، والدليل على ذلك: أن الشارع جعل للمواليد العقيقة، ولم يجعل شيئاً بعد ذلك، واتخاذهم هذه الأعياد تتكرر كل أسبوع أو كل عام معناها أنهم شبهوها بالأعياد الإسلامية، وهذا حرام لا يجوز. وليس في الإسلام شيئ من الأعياد إلا الأعياد الشرعية الثلاثة: عيد الفطر، وعيد الأضحى، وعيد الأسبوع وهو يوم الجمعة.
[Masalah hukum merayakan ulang tahun anak-anak]
Faedah: Segala sesuatu yang dijadikan sebagai hari perayaan yang berulang setiap pekan atau setiap tahun, padahal itu tidak disyariatkan, maka itu termasuk bid‘ah. Dalilnya, syariat telah menetapkan ada syariat akikah ketika kelahiran anak, dan tidak menetapkan syariat apapun pun setelah itu. Adapun menjadikan hari-hari lain sebagai hari raya yang berulang setiap pekan atau setiap tahun, ini sama saja mereka membuat hari perayaan dengan mirip dengan hari-hari raya dalam Islam, maka hukumnya tidak boleh. Dan dalam Islam tidak ada hari raya kecuali tiga hari raya yang syar’i: Idul Fitri, Idul Adha dan hari raya pekanan yaitu hari Jumat.
وليس هذا من باب العادات لأنه يتكرر، ولهذا لما قدم النبي ﷺ فوجد للأنصار عيدين يحتفلون بهما، قال: «إن الله أبدلكما بخير منهما: عيد الأضحى وعيد الفطر». مع أن هذا من الأمور العادية عندهم
Ini merayakan ulang tahun ini tidak termasuk urusan adat (yang mubah). Oleh karena itu, ketika Nabi ﷺ datang (ke Madinah), beliau mendapati kaum Anshar memiliki dua hari raya (Nairuz dan Mahrajan) yang mereka rayakan, lalu beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menggantikan keduanya dengan yang lebih baik: Idul Adha dan Idul Fitri”. Padahal orang-orang Madinah menganggap hari raya tersebut (Nairuz dan Mahrajan) adalah adat kebiasaan mereka.
(Al Qaulul Mufid Syarah Kitab Tauhid, hal. 211, Cetakan ad-Darul ‘Alamiyah).
Fawaid Kangaswad






Leave a comment