Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir asy-Syatsri hafizhahullah menjelaskan:

والعرف لا بد له من شروط حتى نعمله، وشروط العرف أربعة شروط

Adat kebiasaan (‘urf) tidak dapat dijadikan dasar kecuali harus memenuhi syarat-syaratnya. Dan syarat menggunakan kaidah ‘urf ada empat syarat:

أولها: إن يكون العرف مطردًا غالبًا بحيث لا يكون مضطربًا؛ لأنه إذا كان مضطربًا غير غالب، فلا يقال له عرف، وهذا ما يعبرون عنه بقولهم: العبرة للغالب الشائع دون النادر.

Syarat pertama: ‘urf tersebut harus bersifat konsisten dan berlaku secara luas, bukan sesuatu yang tidak konsisten. Sebab, apabila ia bersifat tidak menentu dan tidak berlaku luas, maka tidak dapat disebut sebagai ‘urf. Inilah yang diungkapkan para ulama dalam kaidah: “Yang menjadi patokan adalah yang berlaku secara luas dan menyebar, bukan kasus yang jarang terjadi”.

والشرط الثاني: أن يكون العرف غير مخالف للشريعة، فالمخالف للشريعة لا عبرة به، ومقال ذلك: ما لو كان في العرف بناء البيوت على شكل مفتوح، بحيث لا يستتر النساء في البيوت، فإن هذا العرف مخالف للشريعة، ومن، ثم لا يلتف إليه، ولا تقيد به العقود

Syarat kedua: ‘urf tersebut tidak bertentangan dengan syariat. Urf yang bertentangan dengan syariat maka tidak dianggap. Contohnya, apabila dalam suatu adat kebiasaan terdapat biasa membangun rumah dengan bentuk terbuka, sehingga para wanita tidak tertutupi auratnya di dalam rumah, maka adat seperti ini bertentangan dengan syariat. Karena itu tidak boleh dilirik sama sekali dan tidak boleh dijadikan patokan dalam akad-akad.

الشرط الثالث: أن يكون العرف سابقا غير لاحق، ومن هنا فإننا نعمل بالعرف السابق المقارب دون العرف اللاحق، ومثال ذلك: لو اشترى إنسان من غيره بستين ريالًا قبل مائة سنة، فإننا لا نحكم على ذلك بالريالات الموجودة بيننا الآن بل بما يسمى ريالًا في ذلك الزمان، كان الريالات في ذلك الزمان من فضة، والآن من ورق فيعمل بحكم العرف السابق

Syarat ketiga: adat tersebut telah berlaku secara dulu, bukan baru muncul belakangan. Oleh karena itu, yang dijadikan pegangan adalah adat yang lebih dahulu dan masih belum jauh zamannya, bukan adat yang muncul belakangan. Contohnya, jika seseorang membeli sesuatu dari orang lain seharga 60 riyal 100 tahun yang lalu, maka kita tidak menilainya dengan riyal yang berlaku sekarang. Melainkan sesuai dengan istilah “riyal” yang berlaku pada masa itu. Pada waktu itu, riyal terbuat dari perak, sedangkan sekarang dari kertas. Maka yang berlaku adalah ketentuan berdasarkan urf yang terdahulu.

والشرط الرابع: ألا يوجد تصريح يخالف العرف، فإذا وجد تصريح يخالف العرف فالعبرة بالتصريح لا بالعرف، ومن أمثلة ذلك: أنه إذا وضع الطعام أمام الإنسان، فإنه في العرف يجوز الأكل من ذلك الطعام؛ لأن هذا يعتبر إذنًا في العرف، ولكن لو وضع الطعام، ثم قيل لا تأكل من هذا الطعام، فهنا وجدت في مقابلة العرف قرينة تدل على أن ما تعارف عليه الناس ليس مرادًا

Syarat keempat: tidak terdapat pernyataan tegas menggugurkan anggapan dalam urf. Jika terdapat pernyataan tegas yang bertentangan dengan anggapan yang berlaku pada urf, maka yang dijadikan patokan adalah pernyataan tegas tersebut, bukan urf. Contohnya: apabila makanan diletakkan di hadapan seseorang, maka menurut urf diperbolehkan untuk dimakan. Karena ini sudah dianggap seperti izin dalam urf. Namun jika makanan diletakkan di hadapan seseorang, lalu yang meletakkan berkata: “Makanan ini jangan dimakan ya!”, maka di sini ada pernyataan tegas yang menggugurkan anggapan yang berlaku dalam urf. Yang merupakan indikasi bahwa yang dianggap wajar oleh urf dalam kasus ini tidak berlaku.

(Syarah Manzhumah al-Qawa’id al-Fiqhiyyah karya Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir asy-Syatsri, 92 – 93).

Fawaid Kangaswad | Support Ma’had Online: trakteer.com/kangaswad/gift

Umroh Keluarga Bahagia Di Awal Ramadhan Bersama Ustadz Yulian Purnama

Program “Umroh Keluarga Bahagia” adalah program umroh yang dirancang untuk jamaah yang berumrah bersama keluarga beserta anak-anaknya. Kami siapkan acara-acara menarik selama perjalanan di tanah suci.Hotel sangat dekat dengan Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi, free kereta cepat Madinah-Makkah, bersama Batik Travel di bulan Februari 2026. Dibimbing oleh Ustadz Yulian Purnama –hafizhahullah

Paket 9 Hari, berangkat: 16 Februari 2026

📲 Tanya-tanya dulu juga boleh! 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Fawaid Kangaswad adalah platform dakwah sunnah melalui website fawaidkangaswad.id dan beberapa kanal di media sosial seperti whatsapp, telegram, instagram dan twitter.

Fawaid Kangaswad juga mengelola Ma’had Fawaid Kangaswad, yaitu program belajar Islam berbasis kitab kuning karya para ulama Ahlussunnah, melalui media grup Whatsapp.

Fawaid Kangaswad juga menyebarkan buku-buku serta e-book bermanfaat secara gratis.

Dukung operasional kami melalui:

https://trakteer.id/kangaswad
(transfer bank, QRIS, OVO, Gopay, ShopeePay, Dana, LinkAja, dll)

Atau melalui:

Bank Mandiri 1370023156371 a/n Yulian Purnama

Semoga menjadi pahala jariyah.

Trending